Thursday, November 17, 2011

TELKOMSEL LECEHKAN ORANG HINDU "I Ketut Mertamupu"

Rangkaian Telkomsel Kompasiana Blogshop (blogging workshop) di 10 kota hampir usai, tercatat dari bulan Januari  sampai Oktober 2011, sudah delapan kota disambangi Telkomsel dan Kompasiana. Namun, sebelum menutup rangkaian ini, masih tersisa dua kota lagi yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Blogshop, yakni Bali dan Bandung pada Akhir tahun nanti. Di bulan November ini, Telkomsel Kompasiana Blogshop akan datang ke pulau Dewata, Bali.
Rangkaian pelatihan ngeblog  yang didukung sepenuhnya oleh Telkomsel ini akan digelar pada hari Sabtu, 19 November 2011. Pelatihan dimulai pukul 10:00 pagi waktu setempat, berisi dua materi utama, yaitu “Citizen Journalism dan Pengenalan Personal Branding” serta “Kiat Menulis Cepat, Menarik dan Bermanfaat”.
Sebagian Kutipan berita diatas pada awalnya membuat saya senang , bahkan sudah mendaftar untuk ikut mumpung gratis , tetapi setelah saya check tanggal kegiatan perasaan saya berubah drastis , menjadi Brontak.   mengapa demikian ? Ternyata kegiatan tersebut bertepatan dengan Perayaan Hari Suci Saraswati Puja atau Peringatan diturunkannya Ilmu pengetahuan , berdasarkan Tradisi Hindu, di Bali kususnya, pada saat Sarasswati Puja tidak dibenarkan untuk melaksanakan kegiatan membaca dan menulis. Uraiannya dibahas disini
Hari Sarasswati Dilarang Membaca Pustaka Suci

Dengan kegiatan blogging workshop yang bertepatan dengan perayaan hari suci dan tidak dibenarkan untuk menulis dan membaca , telkomsel melaksanakan kegiatan seperti  itu, apakah itu artinya Telkomsel melecehkan Orang Hindu ? “dimana bumi dipijak disana langit dijunjung” seakan-akan pepatah itu tidak berlaku bagi pelaksana kegiatan blogging workshop . mentang-mentang mayoritas (bila mereka non Hindu) seenaknya melaksanakn kegiatan yang bertentangan dengan Tradisi, bila mereka orang Hindu , Mereka sudah mengabaikan nila-nilai ajaran Agama , Kususnya Hindu Bali.
Untuk kedepannya semoga hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi, terlalu sering yang mioritas tidak diperhatikan , bahkan ditindas. Tidak salah jika wikileaks beberapa bulan yang lalu mengekspos bahwa Hindu di Indonesia di Intimidasi .
Semoga tulisan ini ditanggapi pihak telkomsel meski wacana ini dating dari Mahasiswa ynag tidak tahu apa. Rahayu

No comments:

Post a Comment