Thursday, November 17, 2011

Konflik Papua, Haruskah Menunggu Sentuhan JK? "Ndar Emes"

Dalam Acara Mata Najwa di Metro TV Tadi malam, Najwa Shihab berhasil Mencecar beberapa Pertanyaaan Ke Muhammad Jusuf Kalla yang bertindak sebagai Narasumber bersama Staf Khusus Presiden untuk Konflik Papua, Farid Husain yang juga mantan Tim JK dalam penanganan masalah aceh di Helsinki Lalu.
Dalam sesi itu Najwa Shihab berhasil mengorek lebih jauh kiat dan bentuk penanganan konflik yang selama ini di lakukan oleh Bapak Jusuf Kalla Mulai dari penanganan Konflik  Aceh hingga penanganan konflik Poso. Sebagai seorang Tokoh dengan Manajemen Konflik terbaik di Negeri ini, JK mengutarakan beberapa Poin Penting dalam menangani suatu Konflik diantaranya:
  • Kenalilah Masalahnya, Apakah Masalahnya Konflik Horisontal Ataukah Konflik Struktural??
  • Dialog bukan solusi, Yang jadi Solusi adalah Kompromi dari sebuah Dialog yang dilakukan.
  • Sentuhlah ke Substansi Masalah “Apa yang sebenarnya Rakyat Papua Inginkan”?
  • Pemerintah Harus Konsisten Menjalankan Otonomi Khusus meski banyak orang yang tak sejalan.
  • Lakukan hal yang aspiratif dan berikan apa yang orang Papua inginkan.
sebagai gambaran JK menyelesaikan konflik aceh dalam kurun waktu 6 bulan dengan melakukan pertemuan sebanyak 6 kali pula. JK begitu optimistis kalau konflik Papua akan segera berakhir jika ditangani secara Serius
Bahkan ketika Najwa bertanya dengan cukup menantang ” Berapa lama waktu yang Bapak butuhkan Seandainya Saja Bapak menangani Konflik Papua?? dengan Gamblang disertai sedikit berpikir, Pak JK menjawab 3 - 6 Bulan.
Pertanyaannya, Apakah Pemerintah RI mau mengamanahkan Pak JK sebagai Problem Solver di Tanah Papua??
JK sentuhanmu sangat dinanti..

No comments:

Post a Comment